Antara TransJogja dan TransJakarta

Setelah beberapa tahun mengembara di belantara Jakarta bersama TransJakarta, beberapa hari di Jogja kemarin adalah perkenalanku dengan TransJogja.

transjogja

Mengutip dari Wikipedia:
TransJogja adalah sebuah sistem transportasi bus cepat, murah dan ber-AC di seputar Kota Yogyakarta, Indonesia. TransJogja merupakan salah satu bagian dari program penerapan Bus Rapid Transit (BRT) yang dicanangkan Departemen Perhubungan. Sistem ini mulai dioperasikan pada awal bulan Maret 2008 oleh Dinas Perhubungan, Pemerintah Provinsi DIY. Motto pelayanannya adalah “Aman, Nyaman, Andal, Terjangkau, dan Ramah lingkungan”.

Meskipun mengadopsi sistem TransJakarta, ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Antara lain:

1. Harga Tiket. Harga tiket TransJogja Rp 3000,00, sedangkan TransJakarta Rp 3500,00.

2. TransJogja masih sepi penumpang. Kalau di TransJakarta, naik pada jam-jam dan halte-halte padat penumpang, bisa dipastikan kita tidak akan mendapat tempat duduk. Bahkan, masih disebut untung kalau bisa berdiri dengan nyaman. Sementara TransJogja, dari empat kali aku naik, keempat-empatnya selalu dapat tempat duduk, dan tidak ada penumpang yang berdiri. Padahal, ukuran bus TransJogja paling hanya tiga-perempat bus TransJakarta yang tidak gandeng. Mungkin karena masih baru, atau aku naik pada jam-jam tidak sibuk standar Jogja? Sekedar catatan, bus umum di Jogja paling akhir hanya sampai jam 7 malam. Setelah itu, angkutan umum yang ada hanya TransJogja atau becak. TransJogja beroperasi sampai jam 10 malam.

3. Di TransJogja, aku masih bisa kenalan dan ngobrol panjang-lebar dengan orang yang belum dikenal. Kalau di TransJakarta, jangan harap! Paling juga berbicara dengan orang asing hanya untuk menanyakan arah.

4. Satu lagi nilai plus TransJogja dari segi fasilitas. Di TransJogja, setiap hari selalu ada koran Harian Jogja baru yang disediakan untuk dibaca penumpang. Suatu hal yang tidak bisa diterapkan pada TransJakarta, karena saking padatnya penumpang.

Begitulah. Pengalamanku mem-bolang di Jogja beberapa hari kemarin mengajarkanku satu hal: kalau tersasar dan tidak tahu harus naik bus jalur berapa, naiklah TransJogja! Lebih nyaman, lebih pasti, dan lebih aman. ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: