Perbandingan Toko Buku Online

Kehadiran toko buku online dalam kehidupanku ternyata cukup mengubah pola belanja bukuku. Sebelum tahu toko buku online: ke Gramed, liat-liat, baca sinopsis di cover belakang buku, cek harga, bolak-balik sekilas halaman sampel buku yang udah kebuka, lama menimbang-nimbang mana yang akan kubeli, dan akhirnya membawa satu atau dua buku ke kasir. Sekarang: ke Gramed, liat-liat, catet buku yang menarik, cek harga, pulang tanpa membeli apa-apa, konek internet, dan pesan buku secara online. Karena toko buku online pula lah, sekarang aku selalu mencari resensi/pendapat orang lain sebelum membeli satu buku, karena di toko buku online tidak ada halaman yang bisa dibalik-balik untuk diamati sepintas.

Ada banyak faktor yang membuatku sekarang lebih suka beli buku di toko buku online. Salah satunya dan yang paling utama adalah: diskon! Harga buku yang semakin mahal membuat orang-gila-buku seperti aku ini harus memutar otak. Dulu, beli buku yang harganya Rp 30.000 saja sudah terhitung ‘wah’. Sekarang? Nah, toko buku online seolah menjawab permasalahan itu. Tidak seperti di toko buku fisik –terutama Gramed– yang jaraaang sekali memberi potongan harga, toko buku online justru identik dengan diskon.

Semua toko buku online yang pernah kucoba memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan aku sedang iseng ingin membuat perbandingan toko-toko tersebut.

P.S.:
Tulisan ini tidak dibuat untuk mempromosikan ataupun mendiskreditkan satu toko tertentu. Semua yang kuketik di sini murni hanya pengalaman pribadi. Tak ada tendensi atau kepentingan apapun.


BukuKita.com
Ini tempat aku pertama mencoba beli buku secara online. Ada program poin dan undian bagi anggota-anggotanya, tapi aku sih belum merasakan manfaat dua program ini, karena belum pernah menang undian dan poinku masih terlalu sedikit sehingga belum bisa digunakan. Koleksi bukunya paling lengkap di antara toko-toko online lain yang pernah kucoba. Sayangnya, BukuKita agak pelit memberi diskon. Rata-rata hanya diskon 15%, bahkan untuk buku-buku baru biasanya hanya diskon 10%.

BukuDiskon.com
Seperti namanya, yang paling menarik dari BukuDiskon tentu saja diskonnya! Buku baru bisa diskon 15-20%, dan buku-buku yang agak lama biasanya diskon 25-30%. Lumayan kan?

PalasariOnline.com
Kalau mau mencari buku-buku lama yang sulit ditemukan di toko lain, PalasariOnline tempatnya. Toko buku ini adalah bentuk online dari toko buku Palasari di Bandung. Diskon yang diberikan lumayan besar. Hanya saja, karena karena berpusat di Bandung, ongkos kirim ke rumahku –di Bekasi– jadi sedikit lebih mahal.

DinamikaEbooks.com
Sekarang aku sedang menunggu pesanan bukuku dari DinamikEbooks tiba. Satu hal yang membedakan DinamikaEbooks dari toko buku online lain yang pernah kucoba adalah: gratis ongkos kirim untuk daerah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi! Diskon yang diberikan pun jadi lebih ‘terasa’ karena tidak disunat oleh ongkos kirim yang biasanya berkisar antara Rp 6.000-8.000.

Itulah beberapa toko buku online yang pernah kucoba. Ada yang mau merekomendasikan toko buku online lainnya?

Advertisements

4 responses to this post.

  1. Posted by dunkelbells on June 17, 2009 at 8:38 PM

    bellys malah baru tau ada toko buku online. soalnya kalo bellys tuh belanja bukunya, pas ada event tertentu di gramedia manapun… terakhir kali tuh ke gramed GI, lagi diskon 30% semua buku. lumayan kan. cuma ya harus nunggu ada event tertentu.

  2. yeeee kemana aja bellys>?

  3. saya pernah beli di belbuk.com
    Prosesnya cepat, itu yg kusuka! Nggak berlama-lama dan ribet spt toko buku online lainnya.
    Saya pernah coba disalah satu yang diatas itu, tetapi ribet banget, setelah kita pesan, nunggu pemberitahuan stok buku dulu. Setelah kita tunggu ternyata buku katanya sudah tidak ada. Gile aja.

  4. Coba Di http://www.tokoedu.com

    Beli Buku Gak Lama Nunggu !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: