Petualangan Doraemon: Legenda Raja Matahari

Kerusakan pada alat pemindah waktu Doraemon membawa Nobita dan kawan-kawan berpetualang di Negeri Mayana. Ratu Negeri itu sedang sakit keras karena kutukan nenek jahat mantan kepala tabib istana, yang diusir karena mengembangkan sihir kegelapan. Demi mencari cara mengalahkan penyihir tersebut, Pangeran Mahkota –yang wajahnya sangat mirip Nobita– meminta Nobita bertukar tempat. Nobita menjadi pangeran, dan sang pangeran asli menyamar menjadi Nobita. Pertukaran tempat itu, meski hanya sebentar, memberi banyak hal baru bagi keduanya.

Suatu hari, Kuku, putri Kepala Penjaga Negeri Mayana, diculik oleh sang penyihir untuk dijadikan persembahan upacara ritual untuk mendapatkan keabadian.
Nobita, Doraemon, dan kawan-kawan yang mengetahui hal ini membantu Pangeran menyelamatkan Kuku, berpetualang menembus rimba belantara, pergi ke Istana Kegelapan!

Kamis libur Nyepi kemarin, 26 Maret 2009, RCTI memutar kembali film jadul ini. (Gimana nggak jadul, dari aku baru lahir Doraemon udah eksis!) Anehnya, walau sudah berkali-kali menonton film ini –dulu aku punya CDnya–, tidak pernah ada rasa bosan kala menontonnya kembali. Doraemon dan alat-alat aneh dari kantong ajaibnya. Kekonyolan Nobita. Duet Giant-Suneo. Kemiripan Kuku dan Shizuka. Keangkuhan Pangeran Mahkota. Ke-imut-dan-lucu-an Poporu. Haru dan tawa yang berbaur di dalamnya. Semuanya.

Meski hanya film kartun, yang kadang diremehkan karena dianggap film anak-anak, aku menangkap banyak sekali pelajaran berharga dari film ini. Tentang Nobita, yang cengeng dan selalu dijadikan bulan-bulanan, ternyata mampu menjadi pangeran yang luar biasa. Pangeran yang dicintai dan dihormati rakyatnya bukan karena kekuatan, tetapi karena kebaikan hati dan kedekatannya dengan rakyat. Tentang pengorbanan. Tentang kesetiaan. Tentang memaafkan. Tentang menghormati guru. Tentang keluarga. Tentang kerja keras. Tentang keberanian. Dan terutama, tentang persahabatan dan kerja sama, bahwa satu ditambah satu tentu lebih baik dari hanya satu.

Advertisements

7 responses to this post.

  1. Setuju. Legenda Raja Matahari adalah movie Doræmon terbaik yg pernah ada. Sangat mengesankan. Aku nggak pernah menemukan movie Doræmon lain yg lebih berkesan daripada LRM.

  2. Posted by sabilbul on April 15, 2009 at 3:02 PM

    Yap.
    OST-nya juga bagus. Pas bgt.
    Punya ga pi?

  3. Yap!legenda raja matahari adalah yang number 1!!dari cerita,suara,gambar kerajaannya pokoknya
    Wow!

  4. Posted by vicael on December 15, 2009 at 8:14 PM

    iya,iya,,,da yg tw gk OST`a…..?????

  5. Posted by Sarah Praditya on March 27, 2016 at 6:45 PM

    ada yg punya copian filmnya?kangen pingin nonton lg

  6. Posted by saya on July 23, 2016 at 3:19 PM

    aku sudah ngerjain pr makasih

  7. Posted by saya on July 23, 2016 at 3:20 PM

    iya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: