Hanya untuk Dia yang Berjuang

Keajaiban hanya untuk orang-orang yang berjuang. Keajaiban hanya untuk orang-orang yang berjuang. Keajaiban hanya untuk orang-orang yang berjuang.

Sejak seorang temanku mengucapkannya beberapa hari yang lalu, kalimat itu terus terngiang-ngiang di kepalaku bagaikan mantra, sampai sekarang.

Keajaiban hanya untuk orang-orang yang berjuang.

Aku terbius oleh kata-kata itu, terpana, terpesona.
Luar biasa.

Aku teringat seorang teman SMPku yang mendapat nilai sempurna dalam UAN matematika SMP. Bukan hal istimewa sebenarnya, mengingat ada banyak yang mendapat nilai sempurna ketika itu. Yang menjadikannya luar biasa adalah cara temanku itu mendapatkannya. Di detik-detik terakhir sebelum mengumpulkan lembar jawaban, dia memeriksa ulang, dan terkejut melihat ada satu nomor yang terlupakan. Tak ada waktu lagi untuk menghitung. Maka, dengan memantapkan hati, dia membulatkan pilihan jawaban tanpa melihat soal. Nembak, istilah kasarnya. Dan ternyata, nilainya sempurna. Pilihannya tepat.

Sebagian orang mungkin akan berkata, itu keberuntungan. Aku pun tadinya berpikir seperti itu. Namun, kalimat yang kuulang tiga kali di awal tulisan ini menyadarkanku, itu sama sekali bukan keberuntungan.

Teman SMPku itu memang bukan yang paling pintar di sekolah. Akan tetapi, dia adalah yang paling rajin, paling keras usahanya. Paling berjuang. Mungkin itu sebabnya, di saat terakhir, keajaiban datang padanya.

Aku, biasanya, berapa banyak aku nembak, sejumlah itu pula lah aku salah. Dulu, aku menganggap itu ketidakberuntungan semata. Kini, aku jadi bertanya-tanya: mungkinkah itu karena aku kurang berjuang?

4 responses to this post.

  1. Posted by xboskederi on April 3, 2009 at 5:24 PM

    kurang berjuang tuh… 😛

  2. Hmmm…orang yg bimbang antara baca DS 12 atau belajar utk TO Fis…apa itu bisa dibilang maximal berjuang?? (org yg maximal berjuang mah gak akan ragu2 utk SEGERA menyembunyikan buku itu di t4 trsmbunyi tanpa perlu ragu2…)

  3. Posted by sabilbul on April 10, 2009 at 6:25 AM

    Hhaha… ni org inget aja. Eh, org yg berjuang dgn maksimal mah bukan hanya akan menyembunyikan buku itu dgn sgr, tp ga bakalan beli dulu sampe selesai try out!

    DS itu AMAT SGT MENGGODA kn!

  4. Bodoh! Ya iyalah! Padahal udah baca e-book nya, nggak bisa nahan diri dikit apa!?
    Menggoda sih menggoda…tapi tahu diri dong…

Leave a Reply

