Tak Cukup Tampang Bagi Kami

9 April 2009 tinggal menghitung hari. Bukan, itu bukan hari pelaksanaan UTUL UGM yang tanggal 5 April. Bukan pula satu dari lima hari Ujian Nasional SMA yang tanggal 20-24 April.

9 April 2009 adalah hari pencontrengan –bukan pencoblosan– untuk memilih orang-orang yang akan duduk di kursi legislatif negeri ini.

Sebagai warga negara yang masih dalam fase norak-noraknya karena baru memiliki Kartu Tanda Penduduk, aku sama sekali tidak ingin menyia-nyiakan jatah suaraku di pemilu tahun ini. Masalahnya, untuk pemilu legislatif yang tinggal sebentar lagi, pikiranku seolah buntu sama sekali.

Caleg yang terkenal karena aksi nyata dan kiprahnya di masyarakat hanya sebagian kecil. Lainnya, ada yang bermodal tampang, berharap dipilih hanya karena dia seorang perempuan, bahkan pengangguran yang mencoba peruntungan. Tidak ada debat antar caleg seperti debat calon presiden dan wakil presiden. Spanduk, poster, dan baliho yang bertebaran di setiap penjuru pun hanya menampilkan foto si caleg, nama partai, nomor urut, dan paling sebaris-dua baris slogan yang terlalu umum. Tidak ada visi-misi, tidak ada penjabaran apa yang akan diperjuangkan jika terpilih. Lantas, apa yang bisa meyakinkan pemilih bahwa caleg yang satu lebih baik dari yang lain? Bahwa nama anu lebih pantas dicontreng dari ratusan nama lain di surat suara yang selebar koran?

Lalu para petinggi republik ini merisaukan peningkatan kecenderungan golput di masyarakat. Wajarlah, Pak, Bu. Bagaimana angka golput tidak tinggi, jika yang kami dengar sehari-hari adalah caleg X mencuri motor, caleg Y menjual ganja, caleg Z kedapatan membawa narkoba? Mana bisa kami menitipkan aspirasi kami pada orang-orang seperti itu?

Hei, Bung! Bangsa ini butuh lebih dari sekedar basa-basi! Sekedar tampang tidak cukup bagi kami!

Advertisements

2 responses to this post.

  1. Betul, betul! Capek ngeliat muka caleg di seluruh penjuru kota! Untung tahun ini aku blm nyontreng. Semoga 5 thn lagi sistem politik di Indonesia udah lebih baik, Amiin!

  2. assalamu alaikum wr. wb.

    Permisi, saya mau numpang posting (^_^)

    http://ulamasunnah.wordpress.com/2008/06/03/menggugat-demokrasi-daftar-isi/
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/03/17/demokrasi-bukan-jalan-perubahan-hakiki/

    Sudah saatnya kita ganti sistem,
    untuk masa depan umat yang lebih baik!
    semoga link di atas bisa menjadi salah satu rujukan…

    Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.
    Mohon maaf kalau ada perkataan yang kurang berkenan. (-_-)

    wassalamu alaikum wr. wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: