Ala (Tidak) Bisa Karena Biasa

Katanya sih, ala bisa karena biasa. Semakin sering latihan dan mengulang, akan semakin terbiasa sehingga bisa. Sayangnya, peribahasa itu sepertinya tidak berjalan dengan baik padaku.


Sejak materi matematika SMA habis beberapa minggu yang lalu, setiap pertemuan matematika sama dengan ulangan. Sialnya, jam pelajaran matematika ada hampir setiap hari yang berarti, ulangan hampir setiap hari.

Niat sang guru sebenarnya baik, agar kami para siswa terbiasa mengerjakan berbagai tipe soal dan siap menghadapi bermacam soal di ujian nasional nanti. Namun apa daya, ternyata ala bisa karena biasa tidak berlaku untukku. Bukannya semakin giat belajar, aku justru jenuh, muak dengan segala soal itu dan semakin ogah-ogahan belajar. Alhasil, sekarang setiap ulangan matematika tidak pernah ada keinginan belajar dalam diriku, tak peduli ulangan itu tentang integral atau dimensi tiga, materi-paling-tak-kubisa-sepanjang-hayat. Dan jadinya, tentu saja, ala tidak bisa karena biasa.

Advertisements

2 responses to this post.

  1. Aku ngerti perasaanmu…
    Sebenernya aku kasihan padamu gara2 gurumu yg memforsir murid2nya itu. Masalahnya, matematika emg harus latihan. Gak bisa lah kita baca rumus doang terus langsung jago… Latihan dulu.
    Tapi ulangan setiap pertemuan juga gak bagus. Kenapa gak bahas soal bareng2 aja sih? Lagian kalo ulangan pun paling2 banyak yg nyontek…

  2. Posted by sabilbul on March 23, 2009 at 11:46 AM

    haha… bener bgt..
    jangankan ulangan, try out pun banyak yg nyontek, banyak yg udah pada dapet bocoran. Lah, apa gunanya try out kalo gitu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: