Cermin dan Ketidaktahuan

Ada kalanya aku takut melihat cermin. Cermin seolah mata yang menempel di belakang kepala seseorang. Ketika menatap ke dalam cermin, kita melihat ke depan, tetapi juga dapat mengetahui apa yang terjadi di balik punggung kita.

Terkadang, itu mengerikan.

Berdasarkan komik-komik dan novel detektif yang kubaca, seringkali modus operandi kasus pembunuhan langsung (bukan dengan racun atau senjata api) adalah dengan serangan dari belakang. Bayangkan jika saat itu sang korban sedang berdiri menghadap cermin. Dalam waktu entah berapa detik atau milidetik, ia melihat pantulan seseorang di belakang yang akan segera menghantamkan benda keras ke batok kepalanya. Dia tahu orang itu akan menyerangnya, tapi bahkan tubuh pun butuh waktu untuk menangkap perintah menghindar dari otak. Tahu, tapi tak berdaya. Dan orang itu akan mati dalam cekaman ketakutan.

Mengerikan.

Ada saat-saat ketika seseorang lebih baik tidak tahu. Ada saatnya ketika apa yang diketahui seseorang justru akan mendekatkan dirinya pada bahaya. Dalam beberapa kondisi, ketidaktahuan adalah emas dan tahu hanyalah kerikil yang akan mencelakakan.

Advertisements

3 responses to this post.

  1. Posted by pichan_mvl on March 4, 2009 at 7:04 PM

    Setuju bgt. Ada kalanya lebih baik kita tidak tahu akan satu hal. Itu prinsipku dari dulu.
    Dan soal cermin itu… alasanmu bisa diterima, tapi kamu terkesan paranoid bgt…

  2. Posted by xboskederi on March 6, 2009 at 3:27 PM

    LEBAY nulisnya!
    Muter2 juga, nggak cuma aku ya… =P =P =P

    **HARAP SABAR SAAT MEMBACA KOMEN INI**

    Betul, kadang (malah sering) lebih baik nggak tau hal yang kita tahu, karena bikin kita bahaya, SANGAT BAHAYA…. dan merasa heran sendiri.

    Tapi dalam beberapa kasus, yang bisa diibaratkan serangan saat bercermin tadi:
    entah kita tahu atau tidak, kita tetap akan diserang,
    bahaya tetap terjadi…

    Dengan kita ga tau, bukan berarti kita lolos.

    masalahnya tinggal kita tahu atau enggak.
    Dengan tahu, ada kemungkinan perasaan takut dan kaget dan perasaan tak berdaya sekejap itu muncul, tapi bisa jadi nggak.
    Tapi masih ada kemungkinan kita ngelak da lolos.. Tergantung takdir, takdir yang entah mengapa ngebuat kita melihat dan tahu, mungkin ada yang bisa kita lakukan dengan itu..

    Atau takdir untuk nggak tahu…
    Tapi apa kita nggak bisa USAHA untuk hati2 setiap saat?
    Emang sih, waktu kita tahu trus nggak bisa berbuat apa2, itu paling nggak enak di antara semuanya, tapi yah…
    Terima aja =P (ga tau solusinya nih)

    “Jadi intinya apa?”

    Bahaya tetap terjadi
    (ah, makin nggak jelas ni komen)

    Yang pasti jangan PARNO2 amat lah,
    stay cool… (halah)

    membiasakan diri untuk bersikap tenang (sok tenang!) dan dekatkan ke arah solusi…

    Kadang, eh, sering semua hal itu lebih menakutkan saat dibicarakan dan dipikirkan, padahal kenyataannya biasa aja…

    Hal2 itu lebih dibilang MENGAGETKAN saja, tapi pas lewat sih biasa aja…

    Pas yang dalam kasus cermin tadi mati, kan matinya dalam cekaman ketakutan, tapi kan nggak terus kebawa ampe matinya kan??
    (eh, kecuali kalo ia melakukan dosa2 besar, terbayang2 pas di alam kubur =P)

    Pokoknya kalo udah tau ya… terima aja lah.

    (tapi bagaimanapun ada orang yang mpe sekarang kadang2 suka kambuh nyeselnya karena tahu beberapa hal, tapi ya ujung2nya cari tau lagi, cari tau lagi, trus stres lagi, tapi cari tau lagi)

    SEKIAN

  3. Posted by sabilbul on March 7, 2009 at 8:22 PM

    hha… emang terkesan parno bgt ya?
    tapi beneran loh sekarang aku kalo ngeliat cermin aga2 gimana…

    @xkaderi:
    ck..ck.. komenmu panjangnya ngelebihin panjang post-ku..:P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: